Belajar Bisnis Online

Belajar Bisnis Online
Dari Jambi saya belajar pada pak Davit di Bogor via Onine

Kamis, 07 Februari 2013

Investasi Perkebunan? Menjanjikan!

Hai Semuanya!
Ketemu lagi, mas Nur di sini. Saya tinggal di pulau Sumatera, tepatnya di propinsi Jambi kabupaten Tebo. Saya, istri dan anak berada di lingkungan yang pasokan oksigennya banyak disuplay dari pohon-pohon karet. Ya! Daerah ini adalah lokasi transmigrasi yang dibuka pada tahun 1970-an. Melihat geliat ekonomi di sini yang luar biasa, dan mata rantai pertama berputarnya roda ekonomi adalah perkebunan karet, saya sedikit ingin menuliskan tentang investasi perkebunan. Siapa tahu Anda adalah orang yang sedang mencari investasi.


Tanah adalah aset yang nilainya tak kenal inflasi. untuk jangka panjang, pertambahan nilai tanah sangat luar biasa. Sebagai contoh, pada awal tahun 1993 harga 1 Ha kebun karet yang dibeli ayah saya sekitar 13jt-an. dan sekarang nilai kebun karet tersebut sekitar 180jt-an. Untuk lokasi yang dekat dengan jalan strategis nilainya tentu lebih mahal. Terakhir tetangga menjual kebunnya 225 jt, dg luas 1 Ha.

Sebagai contoh potensi keuntungan investasi. Anda membeli lahan karet senilai 180 juta, kemudian hasil panen karet pekanan adalah (kita ambil rata-rata minimal sepanjang tahun) 50 kg, harga 1 kg nya (Ambil harga biasa) Rp 13.000,-. maka dalam sepekan Anda mendapat omzet Rp13.000x50kgx4panen/bulan =  2.600.000. Bila Anda tidak mau mengerjakan lahan itu sendiri, tp diserahkan pada buruh pekerja, maka Anda mendapat separuhnya (Rp1.300.000) karena pada umumnya gaji buruh karet adalah separuh dari hasil panen. Wah enak ya jadi buruh karet.. hanya modal pisau sadap karet Rp100.000,- sebulan dapat Rp1.300.000,-.

Nah, suatu saat Anda ingin menjual kebun tersebut, maka nilai jualnya pasti akan lebih tinggi. Ini sudah dapat dipastikan karena nilai investasi disini masih tinggi dan belum jenuh. Jadi Anda dapat 2 keuntungan, pertama hasil pekanan dan kedua Anda dapat dari peningkatan harga kebun, Sangat sejuk keuntungan investasi kebun karet! Mau?!
***                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        

2 komentar:

  1. Dicari investor untuk kerja sama/Dijual lahan cocok untuk perkebunan Karet atau Kelapa Sawit, luas 12.000 hektar. Lokasi di Kec. Bongan, Kutai Barat, Kalimantan Timur. Surat Kepemilikan ada. Harga Rp 4.000.000,-/hektar. Hanya untuk yang berminat serius, hubungi 0813.4793.3914 atau email : warsono354@gmail.com/warsono354@yahoo.co.id

    BalasHapus
  2. Dijual kebun karet dg luas kurang lebih 2 ha, berlokasi di kabupaten sukamara, kalimantan tengah, lokasi di tepi jln raya, dekat dgn perkantoran pemda, karet sudah produksi, berminat hubungi lebih lanjut.

    BalasHapus