Belajar Bisnis Online

Belajar Bisnis Online
Dari Jambi saya belajar pada pak Davit di Bogor via Onine

Sabtu, 09 Februari 2013

Hindari Hutang Bank Bag.1

Hai semuanya!
Semoga kita menjadi manusia merdeka dan bebas dari hutang, amiin3x. (oh ada yang aminnya banyak banget :) punya hutang ya.. Onliner, hutang adalah pinjaman yang kita peroleh dari pihak lain, baik berupa barang atau pun uang. Hari-hari ini hutang uang adalah hal yang paling banyak di sekitar kita, atau bahkan kita sendiri berada dalam lingkaran hutang, atau setidaknya yang memberi hutang.

Postingan kali ini lebih fokus pada hutang pada bank atau lembaga finance lainnya. Tulisan ini tak bermaksud memojokkan bank atau lembaga finance yang ada di Indonesia atau negara manapun.

Onliner, hutang dikenal dengan 2 jenisnya, hutang konsumtif dan hutang produktif. Hutang konsumtif tentu pinjaman uang yang kita tujukan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan. Pada umumnya, seseorang terjebak hutang konsumtif bukan karena kebutuhan tetapi keinginan. Contohnya Anda ingin mobil, kemudian kita ambil via leasing. Untuk mobil non produksi/kerja maka ini adalah contoh hutang konsumtif. Tidak ada uang yang dihasilkan dari mobil. Sementara itu, hutang produktif adalah pinjaman yang kita guna kan untuk modal usaha.Misalnya kita beli mobil dengan via leasing kemudian kita gunakan untuk usaha travel, maka hutang ini disebut hutang produktif.

Sebelum memutuskan untuk berhutang, ada beberapa hal yang patut kita pertimbangkan :
Pertama, Analisalah apakah kebutuhan atau sekedar keinginan yang akan Anda penuhi dengan berhutang. Apabila ternyata adalah keinginan yang ingin kita penuhi, maka lebih baik kita berfikir sejenak, perlukah untuk sebuah keinginan yang bukan kebutuhan hingga kita berhutang?

bersambung...

1 komentar:

  1. Dicari investor untuk kerja sama/Dijual lahan cocok untuk perkebunan Karet atau Kelapa Sawit, luas 12.000 hektar. Lokasi di Kec. Bongan, Kutai Barat, Kalimantan Timur. Surat Kepemilikan ada. Harga Rp 4.000.000,-/hektar. Hanya untuk yang berminat serius, hubungi 0813.4793.3914 atau email : warsono354@gmail.com/warsono354@yahoo.co.id

    BalasHapus